Aspek Sosial Dalam Novel Garis Perempuan Karya Sanie B. Kuncoro: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Kusumawati, Widya Puteri and , Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd (2014) Aspek Sosial Dalam Novel Garis Perempuan Karya Sanie B. Kuncoro: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Pubikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan latar belakang sosio-historis Sanie B. Kuncoro, (2) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Garis Perempuan karya Sanie B. Kuncoro, (3) memaparkan aspek-aspek sosial yang terkandung dalam novel Garis Perempuan karya Sanie B. Kuncoro dengan tinjauan sosiologi sastra, (4) mengimplementasikan hasil penelitian sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan objek penelitian berupa aspek sosial dalam novel Garis Perempuan karya Sanie B. Kuncoro dengan tinjauan sosiologi sastra. Data dalam penelitian ini adalah data yang berwujud wacana yang terdapat dalam novel Garis Perempuan. Sumber data primer penelitian ini berupa novel Garis Perempuan karya Sanie B. Kuncoro. Sumber data sekunder penelitian ini berupa skripsi, biografi pengarang, dan internet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validitas data penelitian ini menggunakan trianggulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis secara dialektik. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: (1) latar sosio-historis pengarang yaitu Sanie B. Kuncoro merupakan orang Jawa asli sekaligus banyak mengangkat kisah kehidupan sosial dalam setiap karya sastranya. (2) Struktural dalam novel Garis Perempuan karya Sanie B. Kuncoro dapat diperoleh tema perjuangan seorang anak untuk kebahagiaan dan kesembuhan orang tuanya dengan bekerja keras. Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju. Tokoh-tokoh yang dianalisis adalah Ranting, Gendhing, Tawangsri, Zhang Mey, Basudewo, Indragiri, Tenggar, dan Jenggala. Latar dalam novel Garis Perempuan ada tiga, yaitu latar tempat, di pasar, pendopo rumah Basudewo, salon, tepian tanggul, taman kota, Wonogiri, perkebunan, latar waktu sekitar tahun 2004, dan latar sosial yaitu masyarakat miskin dan bertradisi. (3) Analisis aspek sosial dalam novel Garis Perempuan karya Sanie B. Kuncoro adalah sebagai berikut: a) kemiskinan: kemiskinan struktural dan kultural, b) lingkungan hidup: lingkungan fisik, lingkungan biologis, lingkungan sosial yang terdiri dari rasa kepedulian, kerja keras, dan kasih sayang dalam keluarga.(4) Hasil implementasi aspek sosial dalam novel Garis Perempuan karya Sanie B. Kuncoro sebagai bahan ajar sastra di SMA dapat diterapkan ke dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA kelas XI semester satu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek Sosial, novel Garis Perempuan, Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 14 Jan 2015 12:58
Last Modified: 14 Oct 2021 04:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31593

Actions (login required)

View Item View Item