Aspek Religiusitas Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral: Kajian Antropologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMP

Rahayu, Hartati and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Dr. Nafron Hasyim (2014) Aspek Religiusitas Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral: Kajian Antropologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMP. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (754kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (344kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah (1) unsur-unsur pembangun novel Sang Pencerah; (2) Religiusitas novel Sang Pencerah tinjauan antropologi sastra; (3) Implementasi novel Sang Pencerah sebagai bahan ajar sastra di SMP. Tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu (1) mendeskripsikan struktur pembangun novel Sang Pencerah; (2) mendeskripsikan aspek religiusitas novel Sang Pencerah tinjuaan antropologi sastra (3) mendeskripsikan implementasikan novel Sang Pencerah sebagai bahan ajar sastra di SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian terdiri dari (1) objek material yakni novel Sang Pencerah; (2) objek formal yakni aspek religiusitas tinjuaan antropologi sastra dan implementasinya sebagai bahan ajar sastra di SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan melalu i metode dialektikdan model pembacaan semiotik, yakni pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik. Hasil penelitian ini ada tiga, yakni (1) adanya keterkaitan antarunsur pembangun novel Sang Pencerah meliputi tema dan fakta-fakta cerita; (2) aspek religiusitas yang tercermin dalam Sang Pencerah meliputi berdiri khidmat dalam upacara Nyadran, ruwatan sebagai wujud pemujaan terhindar dari malapetaka, upacara berkorban sesajen, sembah kepada penghulu dan raja, kesadaran untuk beramal dan menolong orang lain, dan dakwah kultural; (3) implementasinya novel Sang Pencerah sebagai bahan ajar sastra di SMP kelas VIII.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: struktural religiusitas, kajian antropologi sastra dan implikasi bahan ajar sastra
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Jan 2015 07:15
Last Modified: 19 Oct 2021 16:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31529

Actions (login required)

View Item View Item