Pandangan Masyarakat Tentang Sistem Kekuasaan Sosial Dan Politik (Kajian terhadap Kumpulan Cerpen Soeharto dalam Cerpen Indonesia Perspektif Strukturalisme-genetik)

Sunanda, Adyana and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Dr. Nafron Hasjim (2014) Pandangan Masyarakat Tentang Sistem Kekuasaan Sosial Dan Politik (Kajian terhadap Kumpulan Cerpen Soeharto dalam Cerpen Indonesia Perspektif Strukturalisme-genetik). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (226kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (196kB)

Abstract

Orde Baru yang berkuasa lebih dari 30 tahun telah menginspirasi sebagian sastrawan Indonesia untuk menulis karya sastra yang mengungkap kondisi pada masa itu. Berangkat dari kondisi tersebut, penelitian ini mencoba untuk mengungkap respon masyarakat terhadap gaya kepemimpinan Soeharto beserta rezimnya pada saat dia berkuasa di era Orde Baru seperti yang tertuang dalam karya-karya sastra yang dihasilkan para pengarang, khususnya cerpen. Ada dua permasalahan dalam penelitian ini, yaitu bagaimana world view pengarang seperti yang tercermin dalam cerpen-cerpennya dan bagaimana menuangkannya dalam sebuah karya yang menonjolkan aspek estetis. Adapun untuk menjawab permasalahan tersebut dipergunakan pendekatan strukturalisme genetik seperti yang diperkenalkan oleh Lucien Goldmann. Pendekatan ini berusaha untuk memberikan jawaban atas kebuntuan yang dihadapi oleh teori struktural otonom, sedangkan dalam kaitan dengan teori sosial sastra, pendekatan ini menutupi kurangnya perhatian teori sosial terhadap teks sastra. Data-data yang dianalisis dalam penelitian ini diperoleh dari buku kumpulan puisi yang berjudul Soeharto dalam Cerpen Indonesia, namun hanya empat cerpen dari 18 cerpen. Adapun teknik analisis data yang dijadikan pegangan dalam penelitian ini mempergunakan metode dialektis seperti yang telah dirumuskan oleh Goldmann yang menaruh perhatian pada makna koheren. Kajian dalam penelitian ini memfokuskan diri pada dua permasalahan yang harus dijawab. Dari fokus permasalahan pertama diperoleh tiga (3) temuan penting. Pertama, dari keempat cerpen yang dikaji, tiga di antaranya menampilkan gaya simbolisme. Kedua, dari ketiga cerpen yang bercorak simbolis tersebut hanya cerpen yang berjudul “Paman Gober” yang secara langsung merujuk pada tokoh penguasa Orde Baru, yakni Soeharto. Ketiga, gaya penulisan yang konvensional yang dipilih oleh para pengarang dalam menulis cerpennya dapat ditemukan pada cerpen yang berjudul “Menembak Banteng” karya F. Rahardi, “Bapak Presiden yang Terhormat” karya Agus Noor, dan “Paman Gober” karya Seno Gumira Ajidarma. Sedangkan cerpen “Diam” karya Moes Loindong mempunyai gaya penulisan yang agak berbeda. Dari fokus permasalahan kedua diperoleh beberapa temuan penting. Pertama, terdapat keterpengaruhan dunia sosial pengarang dan masyarakatnya terhadap dunia sosial karya sastra. Kedua, relasi kekuasaan dalam sistem politik yang dianut oleh rezim Orde Baru cenderung bersifat feodalistik. Ketiga, world view masyarakat yang dapat dipahami melalui world view pengarang seperti yang tercermin di dalam karya-karya yang dihasilkan memperlihatkan sikap-sikap masyarakat yang apatis, pasrah, dan menerima sebagai ‘given’.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: genetic structuralism; dialectic method; world view.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Jan 2015 07:04
Last Modified: 19 Oct 2021 16:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31528

Actions (login required)

View Item View Item