Perancangan Game Edukasi Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional untuk Anak Sekolah Dasar

Purwatiningsih, Rias Indah and , Husni Thamrin, S.T, M.T, Ph.D (2014) Perancangan Game Edukasi Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional untuk Anak Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah pUblikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (760kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (649kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sejarah adalah mata pelajaran wajib yang perlu dipelajari oleh semua siswa. Dengan mempelajari sejarah, diharapkan siswa dapat mengetahui sejarah dan menghargai jasa para pahlawan terdahulu. Namun selama ini mata pelajaran sejarah di identikan sebagai pembelajaran yang membosankan di kelas karena metode pembelajaran yang monoton manakala guru hanya mengajar dengan buku dan ceramah. Di sisi lain, game bagi anak mampu mempercepat terjadinya myelinasi yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik serta dapat memancing minat belajar. Peneliti merancang game edukasi yang disertai dengan audio, animasi dan grafis yang menarik untuk meningkatkan ketertarikan dan membantu anak dalam belajar mengenal tokoh pahlawan nasional. Metode pembuatan game edukasi menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) yang dilakukan dengan proses pembuatan storyboard, rancangan user interface dan diimplementasikan menggunakan menggunakan bahasa pemrograman HTML5 untuk antarmuka, jQuery untuk animasi serta CSS3 untuk grafiknya. Hasil yang didapat dalam penilaian melalui kuisioner yang telah diujikan di SD N 1 Nangsri, Kebakkramat, Karanganyar, Jawa Tengah dapat ditarik kesimpulan lebih dari 86% guru dan siswa setuju bahwa game edukasi dapat meningkatkan ketertarikan anak usia sekolah dasar dalam mengenal tokoh pahlawan nasional dan dapat digunakan oleh guru sebagai media belajar tambahan dalam mengenal tokoh pahlawan nasional serta membantu siswa dalam belajar mengenal tokoh pahlawan nasional yang telah dibuktikan pada hasil pre-test dan post-test.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tokoh pahlawan nasional, game edukasi, jQuery
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Dec 2014 09:36
Last Modified: 09 Nov 2022 04:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31341

Actions (login required)

View Item View Item