Analisis Kesulitan Guru Matematika Kelas VII Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di SMP N 12 Surakarta

Ningsih, Utami and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Analisis Kesulitan Guru Matematika Kelas VII Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di SMP N 12 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (302kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru matematika kelas VII dalam menerapkan Kurikulum 2013 di SMP N 12 Surakarta. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penerima tindakan adalah guru mata pelajaran matematika kelas VII yang berjumlah dua responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data secara induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara teknis penerapan Kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Angket dari guru matematika yang bernama Sri Mulyani, S.Pd, memperoleh skor 26 dari skor maksimal 36 atau sebesar 72,22%. 2) Angket guru matematika yang bernama Kucisti Ike RSP, S.Pd, M.Pd, memperoleh skor 25 dari skor maksimal 36 atau sebesar 69,44%. Namun dari hasil wawancara, ditemukan adanya kesulitankesulitan yang dihadapi oleh guru matematika, antara lain: (1) penyesuaian diri guru dalam penerapan scientific approach masih kurang, guru matematika masih sering mendominasi kelas. (2) guru belum terbiasa mengaktifkan siswa dalam aktivitas pembelajaran. (3) buku Siswa yang isinya terlalu terjabar sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami, serta contoh soal dan latihan yang masih kurang banyak. (4) untuk proses penilaian guru masih menemukan kesulitan karena keanekaragaman karakteristik siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Kurikulum 2013 pada kelas VII di SMP N 12 Surakarta secara teknis sudah berjalan lancar, namun masih ada kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru matematika yaitu tentang penilaian, buku pegangan, dan kemampuan setiap siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesulitan, menerapkan, kurikulum 2013.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Dec 2014 07:40
Last Modified: 17 Oct 2021 22:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31134

Actions (login required)

View Item View Item