Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Jawa Melalui Strategi Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas V SD N Gawanan Ii Colomadu Tahun Pelajaran 2013 / 2014

Marselia, Ellena Ayu and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Jawa Melalui Strategi Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas V SD N Gawanan Ii Colomadu Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (714kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._BAB_V.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf Jawa pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Gawanan melalui strategi pembelajaran teams games tournament. Jenis penelitian ini adalah PTK, subyek yang diambil adalah guru (peneliti) dan siswa kelas V. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi, tes untuk mengukur kemampuan membaca siswa, dan dokumentasi. Variable yang menjadi sasaran penelitian adalah kemampuan membaca huruf Jawa. Sebagai subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Gawanan 02, kecamatan Colomadu yang berjumlah 18 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca huruf Jawa setelah diadakan tindakan kelas dengan strategi pembelajaran teams games tournament. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada kondidsi awal rata – rata nilai siswa 45,9 dan siklus I rata – rata nilai siswa menjadi 66,3. Jumlah siswa yang dapat membaca huruf Jawa dengan sandhangan sederhana baik dan lancar pada siklus I meningkat dari 4 siswa (22,2%) menjadi 8 siswa (44,4%). Pada siklus II nilai rata – rata siswa meningkat dari 66,3 menjadi 88,2. Jumlah siswa yang dapat membaca huruf Jawa dengan sandhangan sederhana secara baik dan lancar meningkat dari 8 siswa (44,4%) menjadi 15 siswa (83,3%). Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran bahasa Jawa dengan strategi pembelajaran teams games tournament dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf Jawa pada siswa kelas V SD Negeri 02 Gawanan, kecamatan Colomadu tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi, Teams Games Tournament, kemampuan, membaca, huruf Jawa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 02 Dec 2014 12:53
Last Modified: 17 Oct 2021 06:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31122

Actions (login required)

View Item View Item