Hubungan Dysmenorrhea dengan Kualitas Hidup Mahasiswi Fisioterapi Diploma III Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rini, Lia Setia and , Wahyuni, S.Fis., M.Kes (2014) Hubungan Dysmenorrhea dengan Kualitas Hidup Mahasiswi Fisioterapi Diploma III Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (238kB)

Abstract

Latar belakang :Dysmenorrhea adalah nyeri di perut bagian bawah ataupun di pungung bagian bawah akibat dari gerakan rahim yang meremas – remas (kontraksi) dalam usaha untuk mengeluarkan lapisan dinding rahim yang terlepas. Permasalahan yang diakibatkan oleh dysmenorrhea memiliki pengaruh terhadap keadaan biologis ataupun psikis dari penderita. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi dari nilai kualitas hidup penderita dysmenorrhea. Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dysmenorhea dengan kualitas hidup pada mahasiswi Fisioterapi D III Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode penelitian:Penelitian dilakukan dengan pendekatan Jenis penelitian observasional dan desain cross sectional untuk mengetahui hubungan nyeri dysmenorrhea dengan kualitas hidup pada mahasiswi Fisioterapi Diploma III Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 135 orang diambil melalui metode Purposive sampling, pengukuran dalam penelitian menggunakan kuisioner SF-36 untuk mengukur nilai kualitas hidup, dan skala nyeri VAS untuk mengukur nyeri dysmenorrhea. Hasil :Dari hasil uji korelatif Chi-Square test mendapatkan hasil p < 0,05 yang berarti menunjukkan adanya hubungan dysmenorhea dengan kualitas hidup pada mahasiswi Fisioterapi Diploma III Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sedangkan nilai Likelihood Ratio dan Fisher’s Exact Test adalah 79,55. Kesimpulan: Ada hubungan nyeri dysmenorrhea dengan kualitas hidup pada mahasiswi Fisioterapi D III Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dysmenorrhea,Kualitas hidup, Nyeri
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2014 12:37
Last Modified: 19 Oct 2021 12:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31069

Actions (login required)

View Item View Item