Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Dukungan Keluarga Dengan Keaktifan Lanjut Usia Dalam Mengikuti Kegiatan Di Posyandu Lansia Desa Gajahan Kecamatan Colomadu

Puspitasari, Dian and , H. Abi Muhlisin, SKM, M.Kep and , Sahuri Teguh Kurniawan, S.Kep.Ns (2014) Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Dukungan Keluarga Dengan Keaktifan Lanjut Usia Dalam Mengikuti Kegiatan Di Posyandu Lansia Desa Gajahan Kecamatan Colomadu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (416kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH-PUBLIKASI-CD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manfaat diadakan kegiatan posyandu lansia adalah agar kesehatan para lansia dapat tetap terkontrol dengan baik. Namun kegiatan posyandu lansia yang diadakan secara rutin tiap bulan ternyata tidak selalu hadiri oleh para lansia. Faktor pengetahuan dan dukungan keluarga merupakan faktor-faktor penting yang dapat mempengaruhi agar lansia mengikuti kegiatan posyandu lansia secara baik. Kurangnya pengetahuan lansia dan dukungan keluarga dapat mengakibatkan lansia menjadi tidak aktif dalam mengikuti kegiatan posyandu. Tujuan penelitian mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan dukungan keluarga dengan keaktifn lanjut usia dalam mengikuti kegiatan di posyandu lansia Desa Gajahan Kecamatan Colomadu. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian deskriptif korelatif. Pendekatan penelitian menggunakan Cross Sectional. Sampel penelitian adalah 78 lansia yang tercatat sebagai anggota posyandu Posyandu Lansia Desa Gajahan dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan tentang posyandu dan dukungan keluarga dan buku presensi kehadiran responden dari kader posyandu selama 1 tahun terakhir. Analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian diketahui 48 responden (61,5%) mempunyai pengetahuan yang baik, 36 responden (46,2%) mendapatkan dukungan keluarga kategori cukup, 47 responden (60,3%) tidak aktif dalam mengikuti kegiatan posyandu lansia. Hasil uji statistic korelasi antara pengetahuan dan keaktifan diketahui nilai  = 0,186 ; p = 0,182. Hasil statistic korelasi antara dukungan keluarga dan keaktifan diketahui nilai  = 0,420 ; p = 0,000. Simpulan penelitian adalah tidak terdapat hubungan tingkat pengetahuan dengan keaktifan lanjut usia Dalam Mengikuti Kegiatan di Posyandu. terdapat hubungan tingkat pengetahuan dan dukungan keluarga dengan keaktifan lanjut usia dalam mengikuti kegiatan di posyandu Lansia Desa Gajahan Kecamatan Colomadu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, dukungan keluarga, keaktifan, posyandu lansia.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 11:11
Last Modified: 27 May 2016 11:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30908

Actions (login required)

View Item View Item