Hubungan Antara Pengetahuan Dan Dukungan Keluarga Dengan Keaktifan Lansia Mengikutikegiatan Posyandu Lansiadi Desa Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang

Istanti, Dian and , Abi Muhlisin, SKM, M.Kep (2014) Hubungan Antara Pengetahuan Dan Dukungan Keluarga Dengan Keaktifan Lansia Mengikutikegiatan Posyandu Lansiadi Desa Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (179kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (415kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)

Abstract

Sistem pelayanan kesehatan ditingkat masyarakat lanjut usia adalah posyandulansia. Posyandu lansia mempunyai fungsidalam meningkatkan peran serta masyarakat untuk pelayanan kesehatan usia lanjut disuatu wilayah. Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui progam Puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat pada lansia, keluarga, tokoh masyarakat, dan organisasi dalam penyelenggaraannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan dukungan keluarga dengan keaktifan lansia mengikuti kegiatan posyandu lansia setya budi di Desa Reksosari Suruh. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lansia yang tercatat dalam posyandu lansia yang berada di Desa Reksosari Suruh yang berjumlah 110 orang lansia. Sampel yang diambil adalah dengan seluruh lansia atau total sampling yang tercatat dalam posyandu lansia di Desa Reksosari Suruh. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji spearmans rho antara pengetahuan dengan keaktifan lansia yang diperoleh nilai 0.227 dan nilai p = 0,020. Sehingga disimpulkan bahwa pengetahuan lansia tentang posyandu lansia termasuk kategori baik. Hasil uji spearmans rho antara dukungan keluarga dengan keaktifan lansia mengikuti kegiatan posyandu lansia diperoleh nilai 0,250 dan nilai p = 0.010. sehingga disimpulkan bahwa dukungankeluarga terhadap keaktifan lansia termasuk kategori cukup. Kesimpulan Ho ditolak yang berarti tampak adanya hubungan antara pengetahuan dan dukungan keluarga dengan keaktifan lansia mengikuti kegiatan posyandu lansia setya budi di Desa Reksosari Suruh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Dukungan Keluarga, Keaktifan Lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 14 Nov 2014 12:14
Last Modified: 15 Oct 2021 02:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30835

Actions (login required)

View Item View Item