Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Kanisius Nglinggi Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Pralisti, Yulita and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2014) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Kanisius Nglinggi Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_publikasi.pdf

Download (443kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (454kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (255kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS materi Masalah Sosial siswa kelas IV SD Kanisius Nglinggi dengan penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IV SD Kanisius Nglinggi yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan pendekatan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Kanisius Nglinggi Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan dengan rata-rata kelas mencapai 55,71 setelah dilakukan tindakan siklus 1 meningkat menjadi 63,57 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,71. Peningkatan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hasil belajar siswa dari sebelum tindakan hanya 28,57% siswa yang nilainya di atas KKM, pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM 42,85%, dan pada siklus II siswa yang mendapat nilai di atas KKM 78,57%. Penerapan pendekatan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SD Kanisius Nglinggi Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe STAD, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Oct 2014 07:57
Last Modified: 14 Oct 2021 06:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30613

Actions (login required)

View Item View Item