Dewi, Mayasari and , Drs. H. Sami’an, MM. (2014) Motivasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Pergaulan Teman Sebaya Dan Persepsi Siswa Tentang Variasi Mengajar Guru Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (383kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah PUblikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (303kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar, 2) Pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar, 3) Pengaruh pergaulan teman sebaya dan persepsi siswa tentang variasi mengajar guru terhadap motivasii belajar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA N 3 Sragen tahun pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 158 siswa dengan sampel 110 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui metode angket. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 11,264 + 0,317X1 + 0,259X2 yang artinya motivasi belajar dipengaruhi oleh teman sebaya dan persepsi siswa tentang variasi mengajar guru. kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Pergaulan teman sebaya berpengaruh positif terhadap motivasi belajar pada siswa SMA N 3 Sragen tahun pelajaran 2013/ 2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,038 > 1,982 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,003. 2) Persepsi siswa tentang variasi mengajar guru berpengaruh positif terhadap motivasi belajar pada siswa SMA N 3 Sragen tahun ajaran 2013/ 2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,629> 1,982 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,010. 3) Pergaulan teman sebaya dan persepsi siswa tentang variasi mengajar guru berpengaruh positif terhadap motivasi belajar pada siswa SMA N 3 Sragen tahun ajaran 2013/ 2014. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 10,834 > 3,081 pada taraf signifikansi 5%. 4) Variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 55,7% dan sumbangan efektif sebesar 9,3576%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 44,3% dan sumbangan efektif sebesar 7,4424%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,168, berarti 16,8% motivasi belajar dipengaruhi oleh pergaulan teman sebaya dan persepsi siswa tentang variasi mengajar guru, sisanya sebesar 83,2% dipengaruhi variabel di luar penelitian
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teman Sebaya, Variasi Mengajar, Motivasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Oct 2014 07:21 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 12:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30502 |
Actions (login required)
View Item |