Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Human Resource Scorecard (Studi kasus Di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Ariningsih, Dina (2014) Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Human Resource Scorecard (Studi kasus Di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_publikasi.pdf

Download (974kB)

Abstract

Di jaman yang semakin berkembang ini pendidikan sangatlah penting terutama untuk generasi penerus bangsa. Untuk dapat memperoleh pendidikan banyak cara yang dapat dilakukan misalnya seperti berkunjung ke perpustakaan. Seperti Perpustakaan Pusat UMS yang memiliki banyak koleksi buku yang lumayan lengkap, sehingga pengunjung yang datang merasa puas dan senang. Tingkat kinerja sumber daya manusia yang ada disana dirasa masih kurang maksimal, oleh karena itu dilakukan pengukuran kinerja sumber daya manusia menggunakan Human Resource Scorecard untuk meningkatkan kinerja karyawannya agar lebih baik lagi. Keuntungan Human Resource Scorecard untuk menggambarkan peran dan kontribusi SDM dengan menjabarkan visi dan misinya. Perpustakan Pusat UMS merupakan perpustakaan yang terdiri dari 29 karyawan dan didirikan pada tanggal 18 September 1958. Perpustakaan ini berupaya untuk meningkatkan kinerja para karyawannya agar pengunjung yang datang merasa nyaman dan puas. Penelitian ini membahas mengenai pengukuran sumber daya manusia menggunakan Human Resource Scorecard Di Perpustakaan Pusat UMS. Dalam penelitian ini diketahui Key Performance Indicator (KPI) berjumlah 9 KPI melalui penyebaran kuesioner. Perancangan pengukuran kinerja menggunakan Human Resource Scorecard yang sudah ditentukan oleh pihak Perpustakaan Pusat UMS berdasarkan Penilaian skor pada tiap indikator menggunakan Skala Likert 1, 2, 3 dan 4. Hasil analisis dari pegukuran kinerja karyawan menggunakan Human Resource Scorecard berdasarkan perbandingan skor kinerja Sumber Daya Manusia secara keseluruhan untuk perspektif Customer bahwa skor terbobot pada tahun 2012 pada level 2,995 (sangat baik) dan tahun 2013 berada pada level 3,951 (sangat baik). Untuk perspektif proses bisnis internal tahun 2012 pada level 3,141 (sangat baik) dan tahun 2013 mengalami kenaikan pada level 3,430 (sangat baik). Sedangkan untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan tahun 2012 terlihat pada level 2,187 (baik) dan tahun 2013 mengalami penurunan pada level 2,161 (baik). Sehingga total skor hasil pengukuran kinerja Perpustakaan Pusat UMS pada tahun 2012 adalah 1,937 (kurang) dan tahun 2013 mengalami peningkatan yaitu 2,237 (baik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Key Performance Indicator, Analytical Hierarchy Process (AHP), Kinerja, Human Resource Scorecard, Strategic Objektives
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Oct 2014 08:33
Last Modified: 16 Oct 2014 09:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30492

Actions (login required)

View Item View Item