Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Stad Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas Vii Smp Negeri 9 Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014

Arundina, Kassytha and , Drs. Sumanto (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Stad Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas Vii Smp Negeri 9 Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (797kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (296kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh antara model pembelajaran Jigsaw dan STAD terhadap hasil belajar bila diterapkan dalam mata pelajaran IPA materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII SMP N 9 Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014. Peneiltian ini dilakuan di SMP N 9 Pekalongan pada bulan Mei 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen pendidikan, sampel yang diambil secara purposive cluster sampling dari 85 siswa yang dibagi menjadi 3 kelompok penelitian, yaitu 2 kelompok sebagai kelas eksperimen dan 1 kelompok sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan adalah instrumen hasil belajar. Hasil belajar kelompok perlakuan1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw memperoleh rata-rata nilai hasil belajar 79,06, perlakuan 2 dengan menggunakan model kooperatif STAD memperoleh rata-rata 73,10, kelompok kontrol memperoleh rata-rata 67,50, kemudian setelah melakukan uji lanjut menggunakan paired sample t-test melalui SPSS 15.00 diperoleh nilai thitung model pembelajaran Jigsaw -11,534 dengan ttabel 2,040, thitung model pembelajaran STAD -12,956 dengan ttabel 2,058, karena thitung > ttabel dapat disimpulkan H0 ditolak atau H1 menyatakan Model pembelajaran Jigsaw dan STAD berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada materi pencemaran lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 9 Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014 diterima. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan nilai rata-rata post-test.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, pembelajaran Jigsaw, pembelajaran,STAD, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 10 Oct 2014 12:26
Last Modified: 19 Oct 2021 00:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30405

Actions (login required)

View Item View Item