Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Minuman Beras Kencur Pada Perusahaan Jamu “Rasa Echo” Di Kecamatan Jebres, Kota Surakarta

Widhianto, Kurniawan and , Kusdiyanto, S.E., M.Si (2014) Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Minuman Beras Kencur Pada Perusahaan Jamu “Rasa Echo” Di Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (152kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor Internal (kekuatan dan kelemahan) yang dimiliki perusahaan, serta faktor Eksternal (peluang dan ancaman) yang dapat dihadapi perusahaan, dengan menggunakan analisis SWOT (SWOT adalah sebuah singkatan dari: Strenght (Kekuatan) , Weakness (Kelemahan) , Oppurtunity (Kesempatan), dan Threat (Ancaman)) sehingga dapat direkondasikan suatu strategi yang tepat bagi perusahaan jamu “Rasa Echo” dalam upaya peningkatan penjualan produknya. Menurut Rangkuti (2002), Analisis SWOT dilakukan dengan membandingkan antara faktor eksternal dan faktor internal. Analisis ini berdasarkan logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang, namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman. Yang merupakan Faktor Internal perusahan, adalah Kekuatan Perusahaan, meliputi: (1) Karyawan bekerja secara professional, (2) Tingkat kehigienisan terjaga, (3) Bahan baku alami, (4) Sertifikasi Halal dari MUI, (5) Terdaftar secara resmi di BBPOM; serta Kelemahan Perusahaan, meliputi: (1) Dikemas dalam bentuk cair, (2) Kemasan botol yang kurang menarik, (3) Batas masa kadaluwarsa 1 tahun, (4) Kurangnya tenaga marketing. Sedangkan yang merupakan faktor Eksternal adalah Peluang Perusahaan, meliputi: (1) Meningkatnya kebutuhan konsumen terhadap jamu herbal, (2) Peluang pasar/usaha masih luas; serta Ancaman bagi perusahaan, meliputi: (1) Munculnya produk minuman sejenis dalam bentuk sachet, (2) Harga bahan baku yang meningkat. Hasil analisis faktor Internal perusahaan dengan menggunakan uji Matriks IFE, menjelaskan bahwa “Sertifikasi Halal dari MUI” adalah Kekuatan terbesar yang dimiliki perusahaan, serta “kurangnya tenaga marketing” adalah Kelemahan terbesar yang dimiliki oleh perusahan. Hasil analisis faktor Eksternal Perusahaan dengan menggunakan uji Matrks EFE menjelaskan bahwa “meningkatnya kebutuhan konsumen akan jamu herbal” merupakan peluang terbesar bagi perusahaan, sedangkan “meningkatnya harga bahan baku” menjadi ancaman terbesar bagi perusahaan. Hasil total Matriks IFE dan Matriks EFE dikombinasi menggunakan matriks I-E, diketahui bahwa strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan adalah dengan mempertahankan dan memelihara pasar/pelanggan yang telah ada sekarang ini. Hasil analisis Matriks I-E, kemudian dikembangkan dengan menggunakan analisis SWOT, dimana hasil yang diperoleh adalah kondisi perusahaan dalam Kuadran I, yaitu kekuatan yang dimiliki perusahaan lebih baik daripada kelemahan yang ada, serta perusahaan masih memiliki peluang atau kesempata n yang lebih luas daripada ancaman yang akan dihadapi. Oleh karena itu rekomendasi strategi yang dapat diterapkan kepada perusahaan jamu ”Rasa Echo” adalah strategi Progresif (Strength -Opportunity ), yaitu strategi-strategi yang memungkinkan perusahaan mela kukan ekspansi pasar, serta memperbesar pertumbuhan dan produksinya, dengan cara memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang eksternal yang masih luas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threat (Ancaman).
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Sep 2014 14:45
Last Modified: 18 Oct 2021 03:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30241

Actions (login required)

View Item View Item