MA’UNAH, MA’UNAH and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(Siswa Kelas VIII B Dan VIII C SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (495kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (958kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (561kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran matematika dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru matematika dan siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah (1) Penerapan pendidikan karakter pada perencaaan pembelajaran matematika dapat dilihat dalam penyusunan silabus dan RPP yang berkarakter. Presentase nilai karakter yang sudah diterapkan sebanyak 22.23%, (2) penerapan pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran matematika ditanamkan melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Nilai- nilai karakter yang dapat diterapkan meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, demokratis, gemar membaca dan tanggung jawab, (3) penerapan pendidikan karakter pada evaluasi pembelajaran matematika dengan cara mengadakan post tes/ ulangan harian. Nilai- nilai karakter yang dapat diterapkan meliputi disiplin, jujur, mandiri, kerja keras, toleransi, menghargai prestasi, demokratis dan kreatif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; karakter;Pembelajaran matematika; Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 10 Sep 2014 12:35 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 20:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30128 |
Actions (login required)
View Item |