Analisis Hambatan Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Matematika Di SMA Batik 2 Surakarta

MEURAXA, ZURAIDA NUR FIKRIANA (2014) Analisis Hambatan Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Matematika Di SMA Batik 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (720kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (320kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (653kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan penggunaan TIK dalam pembelajaran Matematika di SMA Batik 2 Surakarta. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 & X IPA 2, serta guru Matematika SMA Batik 2 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain : angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data ini diuji dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ketersediaan TIK di SMA Batik 2 Surakarta cukup memadai dengan kondisi TIK yang baik, (2) literasi TIK siswa dan guru Matematika SMA Batik 2 Surakarta dalam kategori yang cukup baik (3) hambatan penggunaan TIK dalam pembelajaran Matematika di SMA Batik 2 Surakarta adalah porsi penggunaan TIK dalam pembelajaran Matematika yang masih rendah, porsi aktivitas profesional guru yang difasilitasi oleh TIK masih kurang, dan persepsi guru Matematika yang salah terhadap pengintegrasian TIK dalam pembelajaran Matematika. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat kita simpulkan bahwa literasi TIK yang baik dari siswa dan guru tidak dimanfaatkan dengan baik dalam pembelajaran Matematika. Kurangnya ketersediaan komputer di kelas menjadikan pembelajaran Matematika kurang optimal. Selain itu, kurangnya kesadaran dari guru untuk mengintegrasikan TIK ke dalam pembelajaran Matematika, membuat siswa memandang sebelah mata peran TIK dalam pembelajaran Matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TIK, literasi TIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 09 Sep 2014 13:17
Last Modified: 09 Sep 2014 13:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30100

Actions (login required)

View Item View Item