Pengaruh Bimbingan Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

ISNAINI, Nur Hakim Arif and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Pengaruh Bimbingan Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhmmadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (617kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji : (1) pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) pengaruh bimbingan orang tua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMPMuhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D, berjumlah 30 siswa yang diambil secara cluster random sampling yaitu dipilih satu kelas secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk data bimbingan orang tua dan fasilitas belajar siswa dan metode dokumentasi untuk data hasil belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (i) Tidak ada pengaruh bimbingan orang tua terhadap hasil belajar matematika (-ttabel ≤ thitung ≤ ttabel;-1,960 ≤ -0,14 ≤ 1,960), (ii) Tidak ada pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika (-ttabel ≤ thitung ≤ ttabel; -1,960 ≤ 0,327 ≤ 1,960), (iii) Terdapat pengaruh bersama antara bimbingan orang tua dan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika (Fhitung ≥ Ftabel, yaitu 4,58 ≥ 3,1).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua, Fasilitas Belajar, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 09 Sep 2014 11:54
Last Modified: 16 Oct 2021 05:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30080

Actions (login required)

View Item View Item