Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Posing Ditinjau Dari Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014

RIZA, ARFIAN NURFENI and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2014) Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Posing Ditinjau Dari Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (860kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (DAPUS)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Problem Posing (PP) ditinjau dari hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar materi gerak pada tumbuhan. Kelas yang digunakan dalam penelitian tiga kelas yang dipilih berdasarkan pemilihan secara acak. Kelas yang digunakan penelitian diberi perlakuan yang berbeda dengan materi yang sama. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode post test. Analisa data Uji statistik menggunakan Uji nonparametrik dengan Kruskal Wallis H test, yaitu uji hipotesis yang sesuai dengan One Way Anova dengan dibantu oleh program SPSS 15.0 for Windows. Rata-rata hasil belajar ranah kognitif kelas dengan model PBL sebesar 80,31 lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model PP sebesar 75,08 dan konvensional sebesar 71,80. Hasil Uji Lanjut menggunakan Mann Whitney U Test didapatkan pembelajaran menggunakan model PBL dan PP diperoleh 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak jadi ada perbedaan. Perbandingan antara pembelajaran PBL dan kelas kontrol 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak jadi ada perbedaan. Perbandingan antara pembelajaran PP dan kontrol 0,013 < 0,05 maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran PBL, PP, dan konvensional ditinjau dari hasil belajar. Model pembelajaran PBL lebih berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/ 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran biologi, PBL, PP, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 09 Sep 2014 11:47
Last Modified: 18 Oct 2021 19:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30079

Actions (login required)

View Item View Item