KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA KELAS VII SMP N 2 BOYOLALI

Hartanto, Hartanto and Masduki, (2014) KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA KELAS VII SMP N 2 BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Surat Pernyataan)
Surat_Pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (381kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru, kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional terkait implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika. Informan dalam penelitian ini adalah dua guru matematika kelas VII di SMP Negeri 2 Boyolali. Data yang dikumpulkan menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif melalui 4 alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika kelas VII di SMP Negeri 2 Boyolali telah mampu menerapkan pembelajaran matematika berbasis Kurikulum 2013 sesuai dengan Undang-Undang Nomer 16 tahun 2007. Guru matematika kelas VII telah menerapkan 10 indikator kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru sesuai Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Kemampuan guru matematika dalam pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai tuntutan Kurikulum 2013. Selain itu diperoleh data tentang permasalahan yang muncul dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran matematika, yaitu ketidaksesuaian kompetensi inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada buku pedoman siswa, ketidakruntutan materi pada buku pengangan siswa serta kurangnya contoh soal yang ada dalam buku pedoman guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman guru, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kurikulum 2013
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 27 Aug 2014 13:24
Last Modified: 28 Mar 2016 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29942

Actions (login required)

View Item View Item