Motivasi Hidup Dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Damayanti, Tantia Yuka and , Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Joko Santoso, M. Ag. (2014) Motivasi Hidup Dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (620kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (973kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan latar sosio historis Donny Dhirgantoro, (2) mendeskripsikan struktur yang membangun novel 2 karya Donny Dhirgantoro, (3) mendeskripsikan motivasi hidup dalam novel 2 karya Donny Dhirgantoro berdasarkan tinjauan psikologi sastra, (4) memaparkan implementasi hasil penelitian motivasi hidup dalam novel 2 karya Donny Dhirgantoro dalam pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Jenis penelitian dan strategi penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan studi terpancang. Objek penelitian ini adalah struktur dan motivasi hidup yang digambarkan tokoh utama dalam novel 2. Data dalam penelitian ini berupa data deskriptif dalam bentuk kalimat dan wacana yang menyangkut motivasi hidup tokoh utama dalam novel 2. Sumber data primer pada penelitian ini adalah novel 2. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah artikel di internet tentang riwayat hidup Donny Dhirgantoro, emas pertama Susi Susanti dan sejarah orde baru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validitas data dengan teknik trianggulasi teoritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode pembacaan model semiotik yaitu pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian analisis latar sosial budaya pengarang Donny Dhirgantoro adalah penulis yang lahir pada 27 Oktober 1978 di Jakarta, Donny Dhirgantoro telah menghasilkan dua novel yaitu novel 2 dan novel 5cm. Analisis struktural yang diperoleh dalam novel 2 tema novel adalah adalah perjuangan. Tokoh utama dalam novel 2 adalah Gusni. Alur yang digunakan adalah alur maju. Latar waktu terjadi sekitar tahun 1986-2011, latar sosial kehidupan dalam novel 2 yaitu di Jakarta yang hobi menonton pertandingan bulutangkis, latar tempat dalam novel 2 adalah di Jakarta. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, motivasi hidup dalam novel 2 yaitu (1) motivasi internal vs motivasi eksternal, (2) motivasi mengejar kesenangan vs motivasi menjauhi rasa sakit, (3) motivasi positif vs motivasi negatif, (4) motivasi dini vs motivasi terlambat, (5) motivasi pribadi vs motivasi orang lain, dan (6) motivasi statis vs motivasi dinamis, dan hasil penelitian motivasi hidup dapat diimplementasikan pada jenjang pendidikan SMA/MA kelas XI/I dengan kompetensi kemampuan membaca, yaitu standar kompetensi memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan dengan kompetensi dasar menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/novel terjemahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi hidup, psikologi sastra, novel 2, implementasi sebagai bahan ajar di SMA
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Aug 2014 07:31
Last Modified: 19 Oct 2021 13:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29872

Actions (login required)

View Item View Item