Pengenalan Bilangan 1-10 Melalui Media Gambar Pada Anak Usia Dini Tuna Rungu Wicara Kelas Persiapan Kelompok A SLB-B Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara Gumunggung Surakarta

Dewanto, Rima Yunita and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2014) Pengenalan Bilangan 1-10 Melalui Media Gambar Pada Anak Usia Dini Tuna Rungu Wicara Kelas Persiapan Kelompok A SLB-B Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara Gumunggung Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Dafar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (856kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran pengenalan himpunan bilangan 1-10 melalui media gambar pada anak usia dini Tunarungu wicara kelas persiapan kelompok A di TK SLB-B YRTRW Gumunggung, Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) mengidentifikasi apa saja faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran pengenalan himpunan bilangan 1-10 melalui media gambar pada anak usia dini Tunarungu wicara kelas persiapan kelompok A di TK SLB-B YRTRW Gumunggung, Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi,dokumentasi, dan wawancara. Dalam teknik analisis data menggunakan teknik alur yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dengan interaktif dalam proses pengumpulan data. Hasil penelitian dan pembahasan dapat dibuat kesimpulan: 1.Terdapat adanya pembelajaran pengenalan himpunan bilangan 1-10 melalui media gambar yang menerapkan tiga jenis amatan ketiga jenis amatan tersebut yakni Assesmen Kinerja Proses, Assesmen kinerja Psikomotorik, Pengamatan Perilaku dan Pengamatan Keterampilan Sosial. 2. Mengidentifikasi Faktor pendukung dan penghambat proses kegiatan pembelajaran pengenalan himpunan bilangan 1-10 melalui media gambar di TK SLB-B YRTRW Gumunggung, Surakarta meliputi: 1) adanya bimbingan dari orang tua, 2) lingkungan rumah dan situasi sekolah yang nyaman, 3) penggunaan alat peraga yang menarik dan bervariasi, 4) cara penyampaian guru yang menarik, 5) buku pendukung pembelajaran tematik cukup. Namun yang menjadi penghambat antara lain: 1) orang tua yang masa bodoh kepada anaknya, 3) faktor lingkungan sekolah adanya beberapa kelas yang sedang istirahat membuat suasana ramai, 3) alat peraga yang kurang lengkap, 4) adanya siswa terlambat masuk kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengenalan himpunan bilangan 1-10, Media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Jul 2014 07:55
Last Modified: 19 Oct 2021 11:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29790

Actions (login required)

View Item View Item