Upaya Peningkatan Ketuntasan Belajar Melalui Strategi Card Sort Pada Materi Pelaksanaan Demokrasi Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014

WAHYUNINGSIH, WAHYUNINGSIH (2014) Upaya Peningkatan Ketuntasan Belajar Melalui Strategi Card Sort Pada Materi Pelaksanaan Demokrasi Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (575kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar melalui strategi Card Sort pada materi pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan mata pelajaran PKn pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun 2014. Ketuntasan belajar siswa masih kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya, antara lain: strategi ceramah, diskusi, dan penugasan. Hasilnya penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan strategi Card Sort. Subjek pelaksanaan tindakan kelas adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatipuro yang berjumlah 22 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Card Sort ketuntasan belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatipuro dapat meningkat minimal 75% dari 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatipuro Tahun 2014 yaitu sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 8 siswa (36,32%). Siklus I meningkat menjadi meningkat menjadi 15 siswa (68,1%) dan siklus II meningkat menjadi 19 siswa (86,26%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga melalui Strategi Pembelajaran Card Sort dapat Meningkatkan Ketuntasan Belajar pada Materi Pelaksanaan Demokrasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatipuro Tahun Pelajaran 2013/2014” terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Card Sort, Ketuntasan Belajar, Pelaksanaan Demokrasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Card Sort, Ketuntasan Belajar, Pelaksanaan Demokrasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 01 Jul 2014 12:18
Last Modified: 01 Jul 2014 12:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29684

Actions (login required)

View Item View Item