Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi Menggunakan Pembelajaran Student Team Achivment Division (STAD) Dan Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Purwasih, Farida Esty and , Drs. Sumanto (2014) Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi Menggunakan Pembelajaran Student Team Achivment Division (STAD) Dan Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Plupuh Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (546kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VII dengan menggunakan pembelajaran STAD dan NHT. Peneiltian ini dilakuan di SMP N 2 Plupuh Sragen pada bulan Februari 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen proposif, sampel yang diambil secara purposive sampling dari 95 siswa yang dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu 2 kelompok eksperimen dan 1 kelompok kontrol. Instrumen tes yang digunakan adalah instrumen hasil belajar. Hasil belajar kelompok perlakuan1 dengan menggunakan model kooperatif STAD (rata-rata 74,3), perlakuan 2 dengan menggunakan model kooperatif NHT (rata-rata 77,8) dan kelompok kontrol (ratarata 71,9) dan setelah dilakukan uji one way anova diperoleh nilai fhitung sebesar 4,20 sedangkan ftabel pada taraf signifikasi 0,05 sebesar 3,1 atau fhitung > ftabel. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak atau Ha menyatakan adanya perbedaan hasil belajar IPA biologi ranah kognitif antara siswa yang diberi model STAD dengan NHT diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran NHT memberikan pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan model STAD terhadap hasil belajar Biologi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran STAD, pembelajaran NHT, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2014 06:11
Last Modified: 18 Oct 2021 13:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29660

Actions (login required)

View Item View Item