Indarti, Tri Wahyu and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2014) Pengaruh Matakuliah Kependidikan Dan Program Pengalaman Lapangan Terhadap Minat Menjadi Guru Profesional Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angakatan 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (734kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (190kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (695kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh matakuliah kependidikan terhadap minat menjadi guru profesional, 2) pengaruh program pengalaman lapangan terhadap minat menjadi guru porsesional, 3) pengaruh matakuliah pendidikan dan program pengalaman lapangan terhadap minat menjadi guru profesional. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2010 yang berjumlah 190 siswa dengan sampel sebanyak 123 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan cara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 16,531 + 0,169 (X1) + 0,505 (X2), artinya minat menjadi guru profesional dipengaruhi oleh matakuliah kependidikan dan program pengalaman lapangan. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Matakuliah kependidikan berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru profesional. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t > tabel t yaitu 2,495 > 1,979 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (2) Program pengalaman lapangan berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru profesional. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t > tabel t yaitu 5,905 > 1,979 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (3) Matakuliah kependidikan dan program pengalaman lapangan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru profesional Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung F > tabel F yaitu 21,832 > 3,071 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Variabel matakuliah kependidikan memberikan sumbangan efektif sebesar 4,539%. Variabel program pengalaman lapangan memberian sumbangan efektif sebesar 22,161%, sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 26,7%, sedangkan 73,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matakuliah Kependidikan, Program Pengalaman Lapangan, Minat Menjadi Guru Profesional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 11:02 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29523 |
Actions (login required)
View Item |