Dimensi Gender Dalam Novel The Secret Life Of Bees (Rahasia Hidup Lebah) Karya Sue Monk Kidd: Kajian Sastra Feminis Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

RAHAYU, RAHAYU (2014) Dimensi Gender Dalam Novel The Secret Life Of Bees (Rahasia Hidup Lebah) Karya Sue Monk Kidd: Kajian Sastra Feminis Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (797kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (562kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan latar sosio-historis Sue Monk Kidd pengarang novel RHL, (2) mendeskripsikan struktur yang membangun novel RHL karya Sue Monk Kidd, (3) mendeskripsikan dimensi gender dalam novel RHL karya Sue Monk Kidd, dan (4) mendeskripsikan implementasi dimensi gender dalam novel RHL karya Sue Monk Kidd sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus terpancang. Subjek penelitian ini adalah novel RHL karya Sue Monk Kidd. Objek penelitian ini adalah dimensi gender dalam dalam novel RHL karya Sue Monk Kidd. Data dalam penelitian ini adalah wacana dalam novel yang sesuai dengan rumusan masalah. Sumber data dibagai menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik trianggulasi teoretis dan teknik trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik pembacaan model semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil analisis latar sosio-historis pengarang novel RHL bahwa Sue Monk Kidd adalah penulis cerpen, novel, dan memoar. Hasil analisis struktural menunjukkan bahwa tema dalam novel RHL adalah tentang kehidupan perempuan dengan segala pemasalahannya. Tokoh-tokoh dalam novel yaitu Lily, T. Ray (Ayah Lily), Rosaleen, August, June, Mey, dan Zach. Alur dalam novel RHL karya Sue Monk Kidd yaitu alur maju. Latar waktu terjadi pada tahun 1964. Latar tempat pada novel tersebut adalah di rumah Lily, Kota Sylvan, rumah August, rumah madu, dan lingkungan yang berada di sekitar rumah madu. Latar sosial adalah pada saat terjadinya kerusuhan rasial dan Undang-Undang Hak Sipil disahkan di Amerika. Berdasarkan kajian sastra feminis, dimensi gender dalam novel RHL mencakup kesetaraan gender dan ketidakadilan gender. Implementasi dimensi gender dalam novel RHL karya Sue Monk Kidd sebagai bahan ajar sastra di SMA dapat dikaitkan dengan standar kompetensi membaca berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI semester 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dimensi gender, dalam novel RHL: kajian sastra feminis
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 07:16
Last Modified: 23 Jun 2014 18:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29501

Actions (login required)

View Item View Item