Diksi Dan Citraan Dalam Novel Negeri Di Ujung Tanduk Karya Tere Liye: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Apriyanto, Roma and , Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, M.Hum. (2014) Diksi Dan Citraan Dalam Novel Negeri Di Ujung Tanduk Karya Tere Liye: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (869kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan latar sosio-historis Tere Liye sebagai pengarang novel Negeri di Ujung Tanduk. (2) mendeskripsikan struktur novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye. (3) mendeskrispsikan penggunaan dalam novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye. (4) mendeskripsikan pengguaan citraan dalam novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye. (5) mendeskripsikan implementasi novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah kalimat dalam novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye. Sumber data penelitian ini adalah novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data, yakni menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat . Teknik analisis data yang digunakan adalah model semiotik, yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) latar sosio-historis Tere Liye mempunyai nama asli Darwis yang lahir tanggal 21 Mei 1979 di Tanda Raja, Palembang, Sumatra Selatan. (2) struktur novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye dapat dilihat dari kepaduan tema dan fakta cerita. Tema novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye ini adalah kehidupan berpolitik dan hukum. Alur yang digunakan adalah maju progesif. Tokoh utama dalam novel ini adalah Thomas. Latar yang digunakan di Hong Kong, Makau, dan Indonesia pada tahun 2012. (3) diksi dalam novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye terbagi ke dalam kata konotatif, kata konkret, kata serapan, kata sapaan dan nama khas, kata vulgar, dan kata dengan objek realitas alam. (4) citraan dalam novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye terbagi ke dalam citraan penglihatan, gerakan, pendengaran, penciuman, pengecapan, dan intelektual. (5) implementasi novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye ini dapat diimplementasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI semester I (satu).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: stilistika, diksi, citraan, novel Negeri di Ujung Tanduk, implementasi sebagai bahan ajar sastra di SMA.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jun 2014 11:09
Last Modified: 19 Oct 2021 11:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29486

Actions (login required)

View Item View Item