Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al Quran Pada Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Pembelajaran Matematika Bapak Dahri Munawar Kelas VIII MTs Negeri Jatinom Tahun 2013/2014)

Husyain, Andi and , Drs.Ariyanto,.M.Pd (2014) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al Quran Pada Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Pembelajaran Matematika Bapak Dahri Munawar Kelas VIII MTs Negeri Jatinom Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Membentuk kepribadian berkarakter, beradab dan berakhlak mulia adalah bagian pendidikan yang dicontohkan oleh Rasulullah. Maka pendidikan yang menggunakan nilai-niai karakter berbasis Al Qur’an akan melahirkan manusiamanusia berkarakter. Dari studi pendahuluan, pembelajaran matematika pada umumnya berlangsung tidak lebih dari transfer pengetahuan teori saja, karena penanaman karakter lebih dekat hubungannya dengan pelajaran sosial. Sehingga penanaman karakter dalam pembelajaran matematika tidak diperhatikan. Dengan demikian fungsi pendidikan tidak berjalan sebagaimana mestinya, dan tujuan pendidikan tidak bisa dicapai. Penelitian ini berupa analisis nilai pendidikan karakter dalam AL Qur’an terhadap pembelajaran matematika, metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari MTs Negeri Jatinom. Hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi penanaman nilainilai pendidikan karakter dalam Al Qur’an pada pembelajaran matematika dapat dimulai dari proses perencanaan pambelajaran yang rapi, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi yang secara kontinu untuk mengetahui perkembangan penanaman nilai-nilai karakter.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Al Qur’an, Deskriptif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 12:42
Last Modified: 20 Oct 2021 02:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29455

Actions (login required)

View Item View Item