Pengelolaan Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten

Pramana, Bambang Eka and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Pengelolaan Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi_.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1_Halaman_Depan.pdf

Download (8MB)
[img] PDF (Bab I)
2_Bab_1_Bambang_EP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab II)
3_Bab_2_Bambang_EP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (Bab III)
4_Bab_3_Bambang_EP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_Bab_4_Bambang_EP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] PDF (Bab V)
6_Bab_5_Bambang_EP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7_daftar_pustaka_Bambang_EP.pdf

Download (315kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: 1) Perencanaan pembelajaran matematika kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten; 2) Pelaksanaan pembelajaran matematika kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten; 3) Penilaian pembelajaran matematika kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten. Jenis penelitian adalah kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian yaitu : 1) Guru dalam perencanaan pembelajaran matematika kurikulum 2013 mengembangkan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang dijabarkan dalam indikator pembelajaran sesuai dengan sistematika yang benar; 2) Guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran dengan strategi ilmiah (scientific), yang meliputi kegiatan pengamatan, menanya, mencoba, menalar, dan jejaring (komunikasi dan mencipta/berkarya), pendekatan belajar berbasis penyingkapan/ penelitian dan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning); 3) Guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran matematika kurikulum 2013 dengan beberapa langkah, yaitu penilaian sikap pada spiritual dan soSial, keterampilan, dan kemampuan/ pengetahuan yang dilskanakan oleh guru, siswa, dan sejawat, awal, penilaian proses, dan penilaian setelah proses pembelajaran dengan berbagai instrumen dan penilaian autentik

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pembelajaran, matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jun 2014 07:58
Last Modified: 20 Oct 2021 02:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29417

Actions (login required)

View Item View Item