Penerapan Finger Painting Untuk Meningkatkan Keterampilan Menggambar Imajinatif Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi 2 Kalimati Juwangi Tahun Ajaran 2013 / 2014

Mahmudah, Diah Ikawati and , Drs. Djaelani, M.Pd (2014) Penerapan Finger Painting Untuk Meningkatkan Keterampilan Menggambar Imajinatif Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi 2 Kalimati Juwangi Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (353kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (890kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan menggambar imajinatif melalui finger painting pada kelompok B Tk Pertiwi 2 Kalimati Juwangi. Subjek penelitian ini Guru dan siswa kelompok B, terdiri atas 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian, pada siklus I nilai rata-rata kelas 2,48. yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 2,5 sebanyak 11 anak atau 55%, pada siklus II nilai rata-rata kelas 3,04 yang mencapai (KKM) sebanyak 16 anak atau80%. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data diskriptif komparatif dan diskriptif interaktif. Analisis data diskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil prosentase pencapaian setiap anak dengan skor maksimum yang telah ditentukan melalui siklus-siklus, sedangkan analisis interaktif yaitu mencocokkan data, reduksi data dan penyajian data.Penelitian ini dapat disimpulkan, menggunakan finger painting dapat meningkatkan keterampilan menggambar imajinatif anak kelompok B Tk Pertiwi 2 Kalimati Juwangi Boyolali tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media finger painting, keterampilan menggambar imajinatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 14:50
Last Modified: 19 Oct 2021 09:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29297

Actions (login required)

View Item View Item