Pengaruh Budaya Perusahaan Terhadap Efektivitas Organisasi Pada PT. Merak Mekar Abadi Boyolali

Sembada, Ayyubna Sukma and , Dra. Mabruroh, M.M (2014) Pengaruh Budaya Perusahaan Terhadap Efektivitas Organisasi Pada PT. Merak Mekar Abadi Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (388kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)

Abstract

Budaya organisasi membentuk dan mengendalikan perilaku organisasi dan perilaku pegawainya. Budaya organisasi merujuk pada nilai-nilai utama yang dipercaya oleh anggota organisasi yang dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuan organisasinya secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi yang terdiri dari aturan perilaku, norma, nilai-nilai dominan, filosofi, peraturan-peraturan, dan iklim organisasi secara parsial dan secara simultan terhadap efektifitas organisasi Penelitian ini termasuk jenis penelitian penjelasan (explanatory research) yang memfokuskan hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang dirumuskan. Penelitian dilaksanakan di PT. Merak Mekar Abadi di Boyolali. Populasi adalah seluruh karyawan PT. Merak Mekar Abadi di Boyolali yang berjumlah 437 orang. Sampel diambil sebanyak 81 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner (angket).Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi. Sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi ganda memperoleh persamaan garis regresi Y = 87,533 + 0,156.X1 + 0,317.X2 + 0,169.X3 + 0,180.X4 + 0,284.X5 + 0,152.X6. Persamaan menunjukkan bahwa efektivitas organisasi dipengaruhi oleh budaya organisasi yang terdiri dari aturan perilaku, norma, nilai-nilai dominan, filosofi, peraturan-peraturan, dan iklim organisasi. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Secara parsial variabel- variabel budaya organisasi yang terdiri dari aturan-aturan perilaku (thitung= 2,326), norma (3,757), nilai-nilai dominan (2,683), filosofi (2,340), peraturan-peraturan (3,237), dan iklim organisasi (2,114) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap efektivitas organisasi; (2) Budaya organisasi yang terdiri dari aturan-aturan perilaku, norma, nilai- nilai dominan, filosofi, peraturanperaturan, dan iklim organisasi secara simultan terhadap efektivitas organisasi. Hasil analisis regresi ganda diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (79,426 > 2,25) diterima pada taraf signifikansi 5%; 93) Variabel norma berpengaruh dominan terhadap efektifitas organisasi. Hasil uji koefisien beta variabel norma (0,296) memiliki nilai koefisien beta yang lebih tinggi dibanding variabel lainnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efektivitas organisasi, budaya organisasi, perilaku, norma, nilainilai dominan, filosofi, peraturan-peraturan, iklim organisasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 May 2014 09:32
Last Modified: 17 Oct 2021 07:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29192

Actions (login required)

View Item View Item