Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV SDN 1 Kateguhan Sawit Boyolali Tahun 2013/2014

Pratiwi, Mariana Eva and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV SDN 1 Kateguhan Sawit Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (747kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_PTK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS kelas IV SDN 1 Kateguhan, Sawit, Boyolali, tahun 2013/2014 melalui penerapan model role playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Sumber data yang digunakan adalah informan, nilai hasil belajar, hasil pengamatan proses pembelajaran IPS, motivasi belajar. Pengumpulan data melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar proses pembelajaran, dan soal. Validitas data dilakukan melalui triangulasi sumber, sedangkan validitas instrumen menggunakan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan analisa interaktif yang meliputi tiga tahap yaitu, reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Indikator pencapaian apabila >80% siswa memiliki motivasi belajar diatas 50% dan > 80% siswa memperoleh hasil belajar IPS diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (62). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar. Motivasi belajar siswa menunjukkan peningkatan, saat kondisi awal motivasi belajar 39,42% dengan siswa yang memiliki motivasi >50% sebanyak 7,69%, terjadi peningkatan menjadi 59,61% pada siklus I dengan siswa yang memiliki motivasi >50% sebanyak 76,92%, dan pada sikus II terjadi peningkatan menjadi 65,41% dengan siswa yang memiliki motivasi >50% sebanyak 92,3%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi awal rata-rata sebesar 61,3 menjadi 66,46 di siklus I, dan di siklus II menjadi 70,92. Ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 46,15%, menjadi 69,23% di siklus I, dan 84,61% di sikus II. Berdasarkan analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan: “dengan menerapkan model role playing pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Kateguhan Sawit Boyolali dan dengan menerapkan model role playing pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Kateguhan Sawit Boyolali.” Terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, IPS, motivasi belajar, role playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 May 2014 12:41
Last Modified: 14 Oct 2021 04:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29121

Actions (login required)

View Item View Item