Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Di SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013

NURYANI, SITI (2014) Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Di SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (881kB)

Abstract

Pendidikan merupakan kontribusi yang sangat berpengaruh terhadap pembangunan dan kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, pendidikan sangatlah memerlukan perhatian dan pengelolaan yang baik. Suatu organisasi baik yang bersifat komersial ataupun sosial seperti sekolah, fungsi kepemimpinan sangatlah berpengaruh terhadap kemajuan dan ketercapaian tujuan yang diharapkan. Oleh karena itu penerapan fungsi kepala sekolah yang baik merupakan hal pokok yang mempengaruhi keberhasilan sekolah. Dari pengamatan penulis, pelaksanaan fungsi kepala sekolah di SMK Muhammadiyah Kartasura cukup baik sehingga SMK Muhammadiyah Kartasura memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) yang baik, yang mampu membentuk efektifitas pendidikan di sekolah tersebut. Dari sinilah, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan kepemimpinan kepala sekolah, dengan mengambil judul “Fungsi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013”. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana fungsi kepala sekolah dalam meningkatkan SDM di SMK Muhammadiyah Kartasura?, 2) Bagaimana bentuk usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas SDM di SMK Muhammadiyah Kartasura?. Sedang tujuan dari penelitian ini 1) Mengetahui fungsi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas SDM di SMK Muhammadiyah Kartasura, dan 2) Mengetahui bentuk usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas SDM di SMK dipertahankan. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi kepala sekolah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator bisa dikatakan baik dalam upaya peningkatan kualitas SDM sesuai dengan visi dan misi sekolah. Serta usaha-usaha yang dilakukan yaitu, 1) memberikan kesempatan kepada tenaga kependidikan meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, 2) mengadakan sarana dan prasarana yang lebih memadai, 3) memberi dorongan kepada seluruh tenaga kependidikan untuk selalu memaksimalkan dalam melaksanakan kewajiban, dan 4) mengikutsertakan seluruh tenaga kependidikan dalam pelatihan-pelatihan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Kepala Sekolah, Sumber Daya Manusia, SMK Muhammadiyah Kartasura
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:56
Last Modified: 02 Jun 2014 03:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29062

Actions (login required)

View Item View Item