Implementasi E-Learning Dalam Pembelajaran Fiqih Di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Kelas XI Tahun Pelajaran 2013/2014

Sholihah, Fitri and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag. and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. (2014) Implementasi E-Learning Dalam Pembelajaran Fiqih Di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Kelas XI Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab VI)
09_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
12_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (282kB)

Abstract

Fiqih merupakan mata pelajaran yang tidak terpisahkan dari Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran Fiqih memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk dapat mempraktikkan nilai hukum Islam secara benar dalam kehidupan sehari-hari. Adanya metode merupakan salah satu indikator agar suatu pesan pembelajaran dapat tersampaikan ke arah yang ingin dicapai. Untuk mencapai tujuan tersebut salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menggunakan metode E-Learning dalam proses belajar mengajar. Penerapan E-Learning khususnya dalam pembelajaran Fiqih di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo (yang selanjutnya disebut SMK MUHI) merupakan respon baik terhadap perkembangan sistem pendidikan yang mengandalkan teknologi informasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan ELearning dalam pembelajaran Fiqih di SMK MUHI dan apa faktor pendukung dan penghambatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan E-Learning dalam pembelajaran Fiqih dan mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambatnya. Manfaat penelitian ini secara teoritis adalah untuk menambah khazanah keilmuan dalam pengembangan pembelajaran ELearning dan bidang ilmu pendidikan khususnya pembelajaran Fiqih, untuk memberikan masukan dan sumbangan pemikiran sebagai bahan pertimbangan tentang pelaksanaan E-Learning di SMK MUHI dan secara praktisnya sebagai acuan dalam pengembangan strategi E-Learning dalam Pendidikan Agama Islam, khusunya pembelajaran Fiqih dan sebagai pedoman peneliti ketika sudah terjun dalam dunia pendidikan, sehingga peneliti memiliki pengalaman dalam menerapkan pembelajaran E-Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru Fiqih dan siswa kelas XI RPL dan XI TKJ. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi partisipasif, wawancara dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan kualitatif deskriptif (penelitian yang menghasilkan kata -kata tulisan atau lisan). Berdasarkan penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di SMK MUHI menggunakan metode belajar Diskusi dan ELearning berbasis Edmodo. E-Learning di SMK MUHI difungsikan sebagai strategi pendukung dalam pembelajaran virtual saja. Penyampaian materi yang membutuhkan praktikum, digunakan strategi lain yaitu Active Learning. Adapun faktor yang mendukung meliputi adanya fasilitas vital yang terdiri dari laptop atau komputer, koneksi internet, modem, perpustakaan, dan informasi yang memadai, sebagian besar tenaga pengajarnya dibekali pengajaran E-Learning dari pihak sekolah, kegiatan belajar yang menyenangkan banyak disukai siswa salah satunya dengan media Edmodo. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi kurang aktifnya guru dalam merespon tanggapan siswa maupun sebaliknya, siswa lupa dengan password (group code) untuk masuk ke akun guru Fiqih, dan waktu yang terbatas dalam mengondisikan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi E-Learning dan Pembelajaran Fiqih
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:29
Last Modified: 20 Oct 2021 00:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29059

Actions (login required)

View Item View Item