Mengoptimalkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Anak Kelompok A TK Islam Al Masyhuri Mojosongo Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Septiana, Septiana and , Drs. Djaelani, M.Pd (2014) Mengoptimalkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Anak Kelompok A TK Islam Al Masyhuri Mojosongo Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (652kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan membaca permulaan melalui pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) pada anak kelompok A di TK Al Masyhuri Mojosongo Jebres Surakarta. Penelitian ini penelitian tindakan kelas dilaksanakan dua siklus setiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kriteria ketuntasan minimal diukur apabila anak memperoleh skor 2,6; pencapaian yang ditargetkan sebanyak 80% anak. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata pada pra siklus 2,14, yang mencapai nilai sebanyak 26,92% atau 7 anak, pada siklus I pencapaian nilai rata-rata 2,72 dan telah mencapai 65,38% atau 17 anak, pada siklus II menjadi skor nilai rata-rata 3,25 sebanyak 84,62% atau 22 anak. Analisis data yang digunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan data tersebut anak mengalami peningkatan secara konsisten dari pra siklus, ke siklus I dan ke siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, melalui model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dapat mengoptimalkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A di TK Al Masyhuri Mojosong Jebres Surakarta tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca permulaan, pembelajaran kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 May 2014 07:49
Last Modified: 19 Oct 2021 04:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28886

Actions (login required)

View Item View Item