Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Pada Anak Di Kelompok B2 RA Tarbiyatul Ulum Buran Tasikmadu Tahun Ajaran 2013 / 2014

Wibawa, Yusuf Andi and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Pada Anak Di Kelompok B2 RA Tarbiyatul Ulum Buran Tasikmadu Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (277kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (441kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pada anak kelompok B2 RA Tarbiyatul Ulum Buran Tasikmadu dengan menggunakan Media Gambar. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B2 RA Tarbiyatul Ulum Buran yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis Data terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan kemampuan membaca awal anak dengan menggunakan media gambar. Adapun peningkatan kemampuan membaca permulaan anak adalah sebagai berikut: pada pra siklus 45%, siklus I 55%, dan siklus II meningkat menjadi 81,7%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B2 RA Tarbiyatul ‘Ulum Buran Tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca permulaan, media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2014 12:42
Last Modified: 19 Oct 2021 03:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28849

Actions (login required)

View Item View Item