Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial( IPS) Siswa Kelas V SD Negeri Saren 1 Kec. Kalijambe Kab. Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Yuliana, Yuliana and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial( IPS) Siswa Kelas V SD Negeri Saren 1 Kec. Kalijambe Kab. Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_Halaman_awal.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran dikelasnya. Subyek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri Saren 1 Kec. Kalijambe Kab. Sragen yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Melawan Penjajah. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan partisipasi belajar yang tercermin dalam partisipasi aktif yang bekerjasama dalam diskusi kelompon dengan prosentase pada pra siklus 36,66%, pada siklus I 58,33% dan pada siklus II 86,67%. Partisipasi belajar siswa dalam mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum jelas pada pra siklus 30%, pada siklus I 60% dan pada siklus II 83,33%. Partisipasi belajar siswa yang memberi pada pra siklus 26,66%, pada siklus I 53,33% dan pada siklus II 76,66%. Partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan guru maupun siswa lain pada pra siklus 23,33%, pada siklus I 51,67% dan pada siklus II 81,67%. Partisipasi belajar siswa dalam menyimpulkan materi yang telah diajarkan pada pra siklus 6,66%, pada siklus I 31,67% dan pada siklus II 81,67%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan proses pembelajaran sebelum tindakan sebesar 36,66% siswa yang tuntas dalam pembelajaran.dan setelah dilakukan tindakan meningkat 56,66% pada siklus I, dan diakhir tindakan siswa yang tuntas dalam pembelajaran meningkat menjadi 90%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan partisipasi belajar IPS siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Belajar, Active Knowledge Sharing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Apr 2014 09:50
Last Modified: 19 Oct 2021 07:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28835

Actions (login required)

View Item View Item