Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Mata Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas V SD N 2 Karangtalun Kabupaten Klaten Tahun 2013 / 2014

Maharani, Aulia and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Mata Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas V SD N 2 Karangtalun Kabupaten Klaten Tahun 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_AWAL.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N 2 Karangtalun yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan partisipasi belajar yang tercermin dalam mengajukan pertanyaan dengan presentase pada pra siklus 22,22%, pada siklus I 47,23% dan pada siklus II 77,78%. Partisipasi belajar siswa dalam menjawab pertanyaan pada pra siklus 33,33%, pada siklus I 63,89% dan pada siklus II 86,11%. Partisipasi belajar siswa dalam memberikan tanggapan pada pra siklus 16,67%, pada siklus I 44,44% dan pada siklus II 80,56%. Partisipasi belajar siswa dalam menyampaikan ide/gagasan pada pra siklus 22,22%, pada siklus I 55,56%, dan pada siklus II 80,56%. Partisipasi belajar siswa dalam menyimpulkan materi pada pra siklus 44,44%, pada siklus I 61,11%, dan pada siklus II 83,34%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase ketuntasan siswa yang telah mencapai nilai di atas KKM ≥70 dan nilai rata – rata kelas. Pada pra siklus presentase ketuntasan 22,22%, pada siklus I 50% pada siklus II menjadi 86,11%. Nilai rata – rata kelas juga mengalami peningkatan pada pra siklus 53,72 pada siklus I menjadi 64,86, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,89. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas V SD N 2 Karangtalun tahun 20013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Belajar, Inquiring Minds Want To Know
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2014 06:59
Last Modified: 19 Oct 2021 06:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28816

Actions (login required)

View Item View Item