Perbandingan Pembelajaran Biologi Menggunakan Strategi Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Think Pair Share (Tps) Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2013 / 2014

Lindhawati, Puput Ayu and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Perbandingan Pembelajaran Biologi Menggunakan Strategi Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Think Pair Share (Tps) Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (730kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (BAb V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (491kB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis design kelompok pre-eksperimen perbandingan statisticgroup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar biologi melalui strategi Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share (TPS) ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura. Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dengan membagi subjek menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen. Pada kelompok kelas eksperimen dikenai perlakuan dengan menggunakan metode Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share (TPS). Sedangkan pada kelompok kelas kontrol tanpa menggunakan metode Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share (TPS) melainkan menggunakan metode pembelajaran ceramah atau metode konvensional. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen TPS adalah 76,95 sedangkan pada kelas eksperimen TSTS 80,50 dan pada kelas kontrol 77,05. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka diperoleh kesimpulan penelitian: terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura yang melakukan pembelajaran menggunakan strategi belajar TPS, TSTS, maupun konvensional. Strategi belajar TSTS lebih efektif digunakan dalam pembelajaran yang dilakukan pada kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2013/2014 dibandingkan dengan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan strategi belajar TPS maupun konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi belajar TPS, Strategi belajar TSTS, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2014 11:16
Last Modified: 18 Oct 2021 11:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28757

Actions (login required)

View Item View Item