Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Every One Is A Teacher Here (ETH) Pada Siswa Kelas Vii Semester 1 SMP Negeri 1 Klambu Tahun 2013 / 2014

PURWANINGRUM, ENY (2014) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Every One Is A Teacher Here (ETH) Pada Siswa Kelas Vii Semester 1 SMP Negeri 1 Klambu Tahun 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (620kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (859kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika dengan strategi Every One Is a Teacher Here (ETH) pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Klambu tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data yang meliputi triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi Every One Is a Teacher Here dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Klambu tahun ajaran 2013/2014. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut : (1) siswa bertanya kepada guru dari kondisi awal 10,8% siklus I 46,4% dan siklus II menjadi 71,2% (2) siswa menjawab pertanyaan dari guru menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 14,3% siklus I 35,7% dan siklus II 64,3%. (3) siswa berani presentasi di depan kelas menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 7,14% siklus I 17,9% siklus II menjadi 60,7%. (4) hasil belajar siswa dengan KKM ≥ 75 menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 25% siklus I 39,3% siklus II menjadi 85,7% . Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Every One Is a Teacher Here (ETH) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Klambu tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan; hasil belajar matematika; strategi pembelajaran Every One Is a Teacher Here (ETH)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 16 Apr 2014 08:35
Last Modified: 16 Apr 2014 08:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28679

Actions (login required)

View Item View Item