Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Dakon Pada Kelompok B Tk Gilirejo I Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014

Winarsi, Winarsi (2013) Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Dakon Pada Kelompok B Tk Gilirejo I Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (303kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (447kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui permainan dakon.Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak TK Gilirejo 1 Kelompok B Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen yang berjumlah 22 sebagai penerima tindakan.Peneliti dan guru teman sejawat sebagai pemberi tindakan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang kemampuan berhitung anak dan data tentang pembelajaran guru dengan permainan dakon.Kedua data tersebut dikumpulkan melalui teknik observasi. Data kemampuan berhitung anak di analisis dengan analisis komparatif dan data tentang pembelajaran guru dengan permainan dakon dianalisis dengan analisis interaktif. Hasil analisis menujukkan bahwa pada prasiklus rata-rata kemampuan berhitung anak 51,52% berarti bahwa hampir semua anak kemampuan berhitungnya baru mulai berkembang. Setelah tindakan siklus I rata -rata kemampuan berhitung anak mencapai 68,56% yang berarti bahwa semua anak dari yang semula baru mulai berkembang sudah dapat berkembang sesuai harapan, walaupun baru sedikit. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II rata -rata kemampuan berhitung anak meningkat 88,45% artinya hampir semua anak dapat berkembang sesuai harapan, bahkan beberapa anak berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui permainan dakon dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak pada Kelompok B TK Gilirejo 1 Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung, Permianan Dakon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 15 Apr 2014 13:41
Last Modified: 19 Jun 2014 08:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28673

Actions (login required)

View Item View Item