Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Geometri Pada Anak Kelompok A Ra Masyithoh 2 Sine Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Sumarsih, Sumarsih and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2014) Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Geometri Pada Anak Kelompok A Ra Masyithoh 2 Sine Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (190kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Publikasi_Sumarsih_A53H111055.pdf

Download (563kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui bermain geometri di RA Masyithoh 2 Sine Sragen tahun pelajaran 2013 / 2014. Subjek pelaksanaan tindakan ini adalah guru dan anak kelompok A di RA Masyithoh 2 Sine Sragen, yang berjumlah 20 anak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil persentase pencapaian setiap anak dengan persentase keberhasilan yang telah ditentukan peneliti pada setiap siklusnya dan analisis interaktif yaitu analisis data dimulai dari awal sampai berakhirnya pengumpulan data . Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain geometri. Kemampuan kognitif anak pada prasiklus mencapai 15 %, siklus pertama meningkat menjadi 75 % dan siklus dua menjadi 90 %. Selain itu dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan kemampuan kognitif melalui bermain geometri. Dengan demikian dapat terbukti bahwa penerapan bermain geometri dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok A di RA Masyithoh 2 Sine Sragen tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, bermain geometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2014 12:09
Last Modified: 19 Oct 2021 16:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28669

Actions (login required)

View Item View Item