Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbasis Lingkungan (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 4 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014)

Suwastika, Novia and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbasis Lingkungan (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 4 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (742kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (133kB)

Abstract

Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Boyolali yang berjumlah 34 siswa dan guru matematika. Siswa sebagai subjek yang dikenai tindakan, sedangkan peneliti dibantu oleh guru matematika sebagai subjek yang melakukan tindakan. Obyek penelitian yaitu minat dan hasil belajar siswa dalam belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, metode tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat dan hasil siswa dilihat dari tiap indikator. Untuk minat, (1) Ekspresi senang dari siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika dari 44,12 % menjadi 88,24%, (2) Perhatian dan respon baik dari siswa pada saat guru menyampaikan materi dari 41,18% menjadi 91,18%, (3) Kemauan siswa mengerjakan setiap soal latihan yang diberikan oleh guru dan menuliskan di papan tulis dari 29,41 % menjadi 79,41 %. Untuk hasil belajar, Hasil belajar siswa yang memenuhi nilai KKM yaitu 80 dari 23,53% menjadi 82,36%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat-belajar, hasil-belajar, pendekatan-CTL , berbasis-lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2014 09:35
Last Modified: 19 Oct 2021 12:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28666

Actions (login required)

View Item View Item