Peningkatan Keberanian Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Team Assisted Individualization (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa kelas IX F Semester Ganjil SMP Negeri 3 Colomadu tahun 2013/2014)

Fitriyani, Marlinda and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Peningkatan Keberanian Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Team Assisted Individualization (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa kelas IX F Semester Ganjil SMP Negeri 3 Colomadu tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
AWAL.pdf

Download (894kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (381kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (388kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengkaji peningkatan keberanian dan hasil belajar matematika bagi siswa SMP Negeri 3 Colomadu kelas IX F semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 melalui strategi pembelajaran Team Assisted Individualization. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru kelas IX F. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IX F SMP Negeri 3 Colomadu berjumlah 31 siswa. Data yang diperoleh berupa nilai tes pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II. Analisis data dilakukan dengan analisa deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes pada kondisi awal, siklus I dan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keberanian dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) siswa mampu mencoba hal-hal baru sebelum tindakan 16,21%, siklus I 45,16%, dan siklus II 67,74%, 2) siswa mampu mengemukakan pendapat sebelum tindakan 22,58%, siklus I 51,61%, dan siklus II 77,41%, 3) siswa mampu mengendalikan rasa takut sebelum tindakan 19,35%, siklus I 58,06%, dan siklus II 74,19% 4) siswa mampu menghadapi tantangan dengan menjawab soal sebelum tindakan 22,58%, siklus I 54,83%, dan siklus II 80,64% dan siswa yang nilainya tuntas KKM sebelum tindakan 19,35%, siklus I 61,29%, dan siklus II 83,87%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Team Assisted Individualization dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keberanian dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, keberanian, team assisted individualization
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2014 09:17
Last Modified: 19 Oct 2021 12:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28665

Actions (login required)

View Item View Item