Abon, Aisah and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2014) Meningkatkan Kreativitas Eksplorasi Anak Melalui Permainan Pasir Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Demangan Karangdowo Klaten Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (226kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH__PUBLIKASI.pdf Download (171kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas eksplorasi anak melalui permainan pasir pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Demangan Karangdowo Klaten tahun pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah anak kelompok B.2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Demangan Karangdowo Klaten yang berjumlah 15 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi untuk mengetahui data perkembangan kreativitas eksplorasi, untuk mengetahui peningkatan kreativitas eksplorasi anak dalam kegiatan pembelajaran permainan pasir, analisis data yang digunakan dengan teknik perbandingan antara hasil data dari catatan lapangan, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan kreativitas eksplorasi dalam kegiatan pembelajaran permainan pasir di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Demangan Karangdowo Klaten dalam setiap siklusnya. Adapun peningkatan kreativitas eksplorasi anak pada prasiklus (46,45%) menjadi (55,83%) pada siklus I dan Pada siklus II kreativitas eksplorasi anak meningkat menjadi (77,70%). Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran permainan pasir melalui model pembelajaran membuat bentuk dari pasir yang disesuaikan dengan tema yang dapat meningkatkan kreativitas eksplorasi anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan pasir,kreativitas Eksplorasi. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 14 Apr 2014 12:30 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 07:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28651 |
Actions (login required)
View Item |