Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Blora

Bestari, Arif Bagus and , Prof. Dr. Markamah, M. Hum. and , Prof. Harun Joko Prayitno. (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Blora. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (230kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (345kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis karangan deskripsi berdasarkan gambar. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menjadi empat tahap yaitu; (1) observasi, (2) catatan lapangan, (3) tes, (4) dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah PTK yaitu sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri dengan merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) terdapat peningkatan menulis karangan deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP N 3 Blora, (2) pembelajaran dengan pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, (3) pembelajaran dengan menggunakan media gambar mampu menciptakan suasan yang baru, dalam pembelajaran supaya peserta didik tidak jenuh menerima pembelajaran yang lebih efektif membuat membuat pesrta didik kreatif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis karangan deskripsi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PTK dan gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Apr 2014 08:00
Last Modified: 19 Oct 2021 10:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28584

Actions (login required)

View Item View Item