Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Kuliah Manajemen Keuangan Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011

Kusuma, Hendah and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si (2014) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Kuliah Manajemen Keuangan Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (992kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (667kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mata kuliah manajemen keuangan pada mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2011. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang dominan yang mempengaruhi prestasi belajar mata kuliah manajemen keuangan pada mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2011. Jenis penelitian yang digunkan adalah kuantitatif Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2011 yang mengikuti mata kuliah manajemen keuangan yang berjumlah 149 siswa dengan sampel 105 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode kuisioner/ angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif, sumbangan efektif dan analisis deskriptif presentase. Hasil dari analisis data regresi berganda diperoleh persamaan garis linier Y=13,261+ 0,630X1 + 0,352X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang positif antara faktor internal terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 3.962 > 1,983 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 2) ada pengaruh yang positif antara faktor eksternal terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 3,658 > 1,983 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 3) ada pengaruh yang positif antara faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 30,478 > 3,085 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 52,95,% dan sumbangan efektif sebesar 19,80% yang terdiri dari kesehatan sebesar 3,457%, intelegensi sebesar 4,495%, minat 4,643%, bakat 3,518 dan motivasi sebesar 3,682%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 47,44% dan sumbangan efektif sebesar 17,74% yang terdiri dari perhatian orang tua sebesar 2,06%, kondisi ekonomi keluarga sebesar 1,42%, dosen sebesar 2,88%, alat/ media sebesar 2,23%, kondisi gedung sebesar 1,71%, media massa sebesar 1,26%, teman sebaya sebesar 2,48%, lingkungan tetangga sebesar 1,90% dan aktivitas dimasyarakat sebesar 1,69%. Hasil perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,374 yang berarti 37,4% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Hasil dari Analisis data deskriptif presentase adalah 1) faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dari faktor internal adalah kesehatan, intelegensi, minat, bakat, motivasi. Sedangkan dari faktor eksternal adalah perhatian orang tua, kondisi ekonomi keluarga, dosen, alat/ media, kondisi gedung, media massa, teman bermain, lingkungan tetangga, dan aktifitas dalam masyarakat . 2)faktor yang dominan yang mempengaruhi prestasi belajar dari faktor internal adalah minat 4,643%, pada faktor eksternal adalah persepsi mahasiswa tentang ketrampilan mengajar dosen 2,88%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Mar 2014 11:32
Last Modified: 19 Oct 2021 02:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28469

Actions (login required)

View Item View Item