Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Pada TK Kelompok B TK RA AL – Islam Donoyudan Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Amin, Umi Hanifah and , Drs. Djaelani, M.Pd (2014) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Pada TK Kelompok B TK RA AL – Islam Donoyudan Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (733kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (831kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini di TK RA AL – Islam Donoyudan , Kalijambe Sragen Tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian guru dan anak kelompok B TK RA AL – Islam Donoyudan yang berjumlah 13 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),dilakukan dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan untuk masing-masing siklus. teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan interaktif dan komparatif. Kriteria ketuntasan (KKM) pada penelitian ini adalah ≥ 2,5 sekala penilaian 1-4. Hasil penelitian pada pra siklus diperoleh rata-rata dalam satu kelas 2,1 anak yang memperoleh skor ≥ 2,5 sebanyak tiga anak atau 23,07%. Pada siklus I diperoleh ratarata dalam satu kelas 2,8 anak yang memperoleh skor ≥ 2,5 sebanyak sembilan anak atau 69,23%, dan pada siklus II diperoleh rata-rata 3,3, yang memperoleh skor ≥ 2,5 dua belas anak atau 96,92%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B TK RA Al-Islam Donoyudan Kalijambe Sragen tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca permulaan, media gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2014 12:41
Last Modified: 14 Oct 2021 07:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28449

Actions (login required)

View Item View Item