MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENYIMAK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS VI SD NEGERI TOTOSARI NOMOR 102 SURAKARTA TAHUN AJARAN2013/2014

MUSTIKASARI, DEBBY ROSALINA (2014) MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENYIMAK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS VI SD NEGERI TOTOSARI NOMOR 102 SURAKARTA TAHUN AJARAN2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (696kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penelitian meningkatkan ketrampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SD dengan menggunakan strategi cooperative script. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah guru dan siswa kelas VI SD Totosari Nomor 102 Surakarta dengan siswa yang berjumlah 29 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun instrumen dalam pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan RPP. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan strategi pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan ketrampilan menyimak pada setiap siklus. Sebelum tindakan (pra siklus) jumlah siswa yang dapat mencapai KKM hanya 45% dan yang memiliki ketrampilan menyimak sebanyak 57% dan pada siklus I ketrampilan menyimak meningkat menjadi 63% kemudian pada tindakan terakhir siklus II mencapai 76% kesimpulan bahwa penerapan strategi cooperative script dapat meningkatkan ketrampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SD Negeri Totosari Nomor 102 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan, Menyimak, Strategi, Cooperative script
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 25 Mar 2014 12:24
Last Modified: 25 Mar 2014 12:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28434

Actions (login required)

View Item View Item