PERBANDINGAN PENGGUNAAN STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DENGAN EVERYONE IS TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IIIA DAN IIIB SD AL FIRDAUS TAHUN 2013/2014

KURNIAWATI, NOVITA and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) PERBANDINGAN PENGGUNAAN STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DENGAN EVERYONE IS TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IIIA DAN IIIB SD AL FIRDAUS TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (592kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (469kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran IPS antara penerapan strategi Inquiring Minds Want To Know dan strategi Everyone Is Teacher Here pada siswa kelas IIIA dan IIIB SD Al Firdaus Tahun 2013/2014. 2) Untuk membandingkan manakah strategi yang lebih baik antara strategi Inquiring Minds Want To Know dan strategi Everyone Is Teacher Here terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas IIIA dan IIIB SD Al Firdaus Tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Al Firdaus Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 3 kelas yang berjumlah 90 siswa. Sampel diambil 60 siswa dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan pada tingkat kesalahan 5% hipotesis penelitian yang menyebutkan “Terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara penerapan strategi Inquiring Minds Want To Know dan strategi Everyone Is Teacher Here pada siswa kelas IIIA dan IIIB SD Al Firdaus Surakarta tahun 2013/2014” tidak diterima. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung ˂ t tabel, yaitu -1,005 ˂ 2,000. Hasil belajar IPS yang diajar menggunakan strategi Inquiring Minds Want To Know dan Everyone Is Teacher Here pada siswa kelas IIIA dan IIIB SD Al Firdaus Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 sama baiknya, yaitu dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen 86,64 dan kelompok kontrol 89,04.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Inquiring Minds Want To Know, Strategi Everyone Is Teacher Here, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2014 11:52
Last Modified: 19 Oct 2021 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28432

Actions (login required)

View Item View Item