Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode SAS Pada Siswa Kelas I SDN Bendar Tahun Ajaran 2013/2014

Yatinningsih, Yatinningsih and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd., (2014) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode SAS Pada Siswa Kelas I SDN Bendar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (195kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, subyek penelitian ini adalah guru Kelas I SDN Bendar Juwana dan Peneliti sebagai subjek pemberi tindakan, Kepala Sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswi kelas I yang berjumlah 20 siswa bertindak sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara deskriptif komparatif dan analisis interaktif dengan metode alur yaitureduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dalam indikator peningkatan sebelum tindakan/prasiklus 40% , pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus II mencapai 80%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode SASdapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas I Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, Metode SAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Mar 2014 08:10
Last Modified: 21 Oct 2021 01:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28379

Actions (login required)

View Item View Item